Melihat pertumbuhan sumber daya manusia Majalengka akhir-akhir ini, membuat banyak orang optimis dengan masa depan sumber daya manusia Majalengka. Sebab, mulai banyak anak muda yang mulai peduli dengan pendidikan mereka dan banyak di antaranya  yang memilih melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di beberapa kota dan jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya.

Nah, kira-kira kota mana saja sih yang menjadi destinasi favorit belajar Mahasiswa asal Majalengka? Di sini, Penulis ingin menyajikan kota-kota tujuan favorit belajar mahasiswa asal Majalengka beserta alasannnya.

Jakarta

Tren melanjutkan pendidikan tingkat perguruan tinggi di Jakarta memang baru-baru ini terjadi. Di antara mahasiswa asal Majalengka yang melanjutkan belajar di beberapa perguruan tinggi di Jakarta pada awalnya merasa khawatir dengan biaya hidup yang tinggi di Jakarta. Tetapi, setelah satu sampai dua tahun belajar dan hidup di sana, kekhawatiran mereka mulai pudar. Sebab, di samping belajar di kampus, banyak di antara mereka yang juga mengasah skill di luar kampus seperti mengajar, menulis di media massa, editing video dan grafis dan masih banyak yang lainnya sehingga mereka bisa menambah uang saku untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Selain itu, budaya organisasi yang kuat semakin menjadikan Jakarta sebagai kota favorit mahasiswa asal Majalengka. Karakteristik masyarakat sunda yang saling asah dan silih asuh dan suka berkumpul membuat banyak mahasiswa asal Majalengka mengikuti banyak organisasi mulai tingkat regional sampai dengan nasional. Kendati demikian, pertumbuhan jumlah mahasiswa asal Majalengka di Jakarta setiap tahunnya tidak terlalu banyak karena masih banyak yang menganggap biaya hidup di Jakarta sangat mahal dan kehidupan yang sangat keras.

Yogyakarta

Kebalikan dari Jakarta, Yogyakarta adalah kota yang biaya hidupnya sangat murah. Dan ini menjadi salah satu destinasi favorit  mahasiswa asal Majalengka untuk belajar. Selain biaya hidup yang murah, Yogyakarta juga dikenal dengan kota pelajar. Iklim yang hangat dengan keramahan masyarakatnya dan dikelilingi banyak kampus seperti UGM, UNY, UIN dan beberapa kampus lainnya membuat banyak mahasiswa betah belajar di sana.

Kemudian, literasi yang kuat yang ditandai dengan banyaknya forum diskusi dan kafe-kafe yang menyediakan buku semakin memperjelas statusnya sebagai kota pelajar. Dan ini, tentu saja membuat banyak mahasiswa nyaman untuk belajar dan bahkan berlama-lama hidup di sana karena sangat mendukung proses belajar.

Purwokerto

Kota kecil yang tak jauh dari lereng gunung Slamet ini menjadi salah satu destinasi favorit mahasiswa asal Majalengka meskipun tidak banyak pilihan perguruan tinggi di sana. Satu-satunya kampus favorit yang menjadi tujuan mahasiswa asal Majalengka adala Universitas Jendral Soedirman (Unsoed).

Alasan lain mengapa banyak mahasiswa asal Majalengka yang memilih melanjutkan studi di sini tak lain adalah karena biaya hidupnya yang murah. Sebut saja, mereka bisa makan nasi dan telur dengan kenyang dengan hanya lima ribu rupiah saja di pelataran warung burjo dengan yang terkenal itu. Lalu, cuaca juga menjadi salah satu alasan. Karena jaraknya yang dekat dengan lereng gunung Slamet, Purwokerto menyajikan cuaca mirip Panyaweuyan di Majalengka.

Cirebon

Jika harus memilih kuliah tanpa biaya kos rumah atau kontrakan, Cirebon adalah destinasi paling favorit mahasiswa asal Majalengka. Sebab, mereka bisa pulang pergi dari rumah ke kampus setiap harinya karena jaraknya yang sangat dekat. Sudah barang tentu, banyak sekali mahasiswa asal Majalengka yang kuliah di sana di beberapa perguruan tinggi seperti IAIN dan Unswagati. Kebanyakan dari mereka beralasan tidak mau jauh dari rumah dan Sebagian lagi efesiensi biaya dan waktu sehingga masih tetap bisa berbakti kepada kedua orangtua di rumah.

Bandung

Dengan Jarak 80-100 Km dari Majalengka, Kota Bandung menjadi destinasi paling favorit mahasiswa asal Majalengka untuk belajar di antara kota-kota lainnya. Bagi mereka Bandung dipilih dengan alasan yang sangat sederhana, yaitu karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Selain itu, bahasa dan budaya yang sama dengan Majalengka membuat mereka betah tinggal dan belajar di sana. Tetapi, Bandung juga menjadi pilihan karena banyak tersedia kampus dan perguruan favorit seperti ITB, UNPAD, UIN dan masih banyak kampus lainnya.

Hal lain yang menjadikan kota Bandung sebagai destinasi favorit mahasiswa asal Majalengka adalah kebebasan berekspressi. Tak jarang, Kota Bandung banyak melahirkan para seniman dan produk-produk fashion yang tak kalah saing dengan produk internasional. Itulah sebabnya, banyak mahasiswa yang lebih memilih belajar dan tinggal di sana.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Receh